Bupati Karawang Minta Warga Waspadai Virus Cacar Monyet

Bupati Karawang Minta Warga Waspadai Virus Cacar Monyet

Spread the love

KARAWANG, Beritaimn.com Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana meminta warga Kabupaten Karawang untuk mewaspadai virus cacar monyet atau yang dikenal juga dengan monkeypox.

Dikutip melalui akun Instagram miliknya, Bupati menjelaskan bahwa cacar monyet merupakan penyakit zoonosis yang ditularkan virus hewan ke manusia. Virus ini awalnya ditularkan melalui binatang khususnya monyet, tikus, tupai, dan gambia.

Menurutnya, pencegahan penularan cacar monyet bisa dengan cara menghindari kontak erat dengan pasien yang terinfeksi, yakni cakaran atau gigitan hewan terutama monyet, tikus, tupai dan gembia.

“Hingga saat ini masih belum ditemukan Cacar Monyet, yuk jaga kesehatan dan kebersihan agar kita terhindar dari Cacar Monyet. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT, Aamiin Aamiin Ya Rabbal Alamin,” tulisnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang mengimbau masyarakat untuk mewaspadai munculnya virus cacar monyet yang tengah melanda dunia. Kendati demikian, pihaknya juga meminta masyarakat untuk tidak panik terhadap virus tersebut.

Kepala Dinkes Kabupaten Karawang, dr. Endang Suryadi mengatakan, pihaknya meminta agar warga dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah penyebaran virus apa pun, termasuk virus tersebut atau yang dikenal juga dengan monkeypox.

“Cacar monyet itu kan penyakit akibat virus, mulai banyak terdapat di beberapa negara, terdekat Indonesia itu ada di Singapura. Sedangkan di Indonesia, baru ada satu suspek terpapar cacar monyet di wilayah Jawa Tengah,” tuturnya.

“Saya tahu sampai kemarin malam baru diduga satu (pasien terpapar), di Jawa Tengah. Di Jakarta dan Jawa Barat belum ada dan mudah-mudahan jangan sampai ada,” imbuh dia.

Seperti umumnya pada penyakit cacar, lanjut dia, gejala monkeypox diantaranya yakni sakit kepala, demam akut, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri otot, asthenia, sakit punggung, hingga munculnya cacar.

“Akan tetapi perbedaannya, bintik-bintik merah itu lebih banyak di sekitar telapak tangan dan kaki. Kemudian, bintik kemerah-kemerahannya itu berbentuk bulat,” tambahnya.

Dikatakannya, pemerintah juga mengingatkan agar warga menghindari kerumuman dan disarankan tidak bepergian ke negara yang penduduknya terpapar monkeypox.

“Tingkat kesembuhan cacar monyet ini cukup cepat jika segera mendapatkan penanganan dan pengobatan. Jika ada gejala-gejala itu, segera lapor dan periksa ke dokter speasialis,” kata dia.

(Rd)