Pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Utara tahun 2024 di Kecamatan Alasa berjalan dengan baik

Pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Utara tahun 2024 di Kecamatan Alasa berjalan dengan baik

Spread the love

Nias Utara Sumut Beritaimn.com Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kabupaten Nias Utara 2024 di Kecamatan Alasa  di gelar di Aula Kantor Camat Alasa berjalan dengan baik Selasa(24/01/2024).

Kegiatan Musrenbang tersebut dilaksanakan selama dua hari kerja sampai dengan rabu(25/01/24).

Pada Kegiatan tersebut turut hadir Sekertaris Daerah Kabupaten Nias Utara BAZATULO ZEBUA,SE,M.Ec.Dev, Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nias Utara Fatizaro Hulu ,SE.MM, Nimerodi Hia, Dusman Zebua, Asisten II Kabupaten Nias Utara Bazisokhi Hulu, Staf ahli / Asisten Lingkup Setda Kabupaten Nias Utara, Kepala OPD lingkup Pemkab Nias Utara, Camat Alasa Yostinus Hulu ,S.Pd, Danramil 07 Alasa Kapten Inf Elifati Zebua, Kapolsek Alasa AKP MUHAMMAD ICHSAN SH.MH, Kepala Desa se-Kec Alasa, Ka Unit Kerja se-Kec Alasa, Ketua BPD se-Kec Alasa, Ketua TP.PKK Kec Alasa, TA / PD / PLD Kec Alasa, Pendamping PKH dan TKSK Kec Alasa, Tokoh Masyarakat / Organisasi / LSM / Pers Kecamatan Alasa.

Mewakili tokoh masyarakat Folala Zalukhu dalam sambutannya menyampaikan beberapa keluhan demi kemajuan wilayah kecamatan Alasa diantaranya khusus di bidang insfratruktur Pembangunan Jalan dan Jembatan.

“Saya mewakili tokoh masyarakat pada saat ini ingin menyampaikan beberapa hal diantaranya, Normalisasi Sungai Tumula sebab beberapa tahun terakhir pemukiman warga yang ada di sungai tersebut sering terkena banjir, normalisasi sungai talaua Desa Bitaya.” Imbuhannya

Folala Zalukhu pada kesempatan itu juga tak lupa menyampaikan keluhan masyarakat Alasa terkait pembangunan ruas Jalan Laehuwa-Alasa-Tumula-Afulu. “Pada Kesempatan ini juga, saya mewakili tokoh masyarakat Alasa menyampaikan keluhan masyarakat terkait pembangunan ruas jalan Alasa-Afululu yang selama ini tampak terkendala dan menurut kabar bahwa pembangunan tersebut telah putus kontrak. Disamping itu, menurut informasi yang kami dapatkan bahwa disana-sini masih banyak berupa sangkutan pihak kontraktor dalam hal ini pembayaran bahan material yang digunakan pada pembangunan tersebut. Untuk itu kami mohon agar Bapak Setda Kabupaten Nias Utara berkenan memberikan pemahaman kepada Masyarakat khususnya diwilayah Kecamatan Alasa terkait tindak lanjut proyek tersebut,” Ungkap folala

Pada Kesempatan itu Setda Kabupaten Nias Utara Bazatulo Zebua,SE,M.Ec.Dev pada Arahannya menyampaikan bahwa, “tema Pembangunan tahun 2024 adalah menciptakan pembangunan sumber daya manusia dan penanggulangan kemiskinan melalui penguatan ekonomi masyarakat,” cetusnya.

Terkait pembangunan ruas jalan Laehuwa-Alasa-Tumula-Afulu Setda Nias Utara menjelaskan, “perlu kami jelaskan bahwa Pembangunan tersebut adalah bersumber dari APBN yang di danai oleh Pemerintah Pusat dan hal itu tentunya tidak terlepas dari upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini pucuk Pimpinan Kabupaten Nias Utara,” tandasnya.

Disamping itu Bazatulo Zebua,SE,M.Ec.Dev juga membenarkan bahwa “benar adanya bahwa proyek tersebut telah di putus kontrak di karenakan pihak Kontraktor tidak dapat menyelesaikan pada akhir tahun 2022, yang salah satu penyebabnya ada karena cuaca yang sangat ekstrim pada akhir tahun kemarin,”bebernya.

Namun lebih lanjut setda menegaskan bahwa, “Walaupun proyek tersebut telah putus kontrak pada akhir tahun kemarin, dan bukan berarti bahwa proyek tersebut dilanjutkan lagi. Tetapi proyek tersebut sedang ditender ulang oleh pihak kontraktor lain dan kami pastikan bahwa proyek tersebut pasti selesai, dan masalah sangkutan pembayaran bahan material yang belum terbayarkan pasti akan di lunasi,” tutupnya.

(Red)