SMAN 1 Benai Kuantan Singingi Melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Sekolah Ramah Anak Se Provinsi Riau

SMAN 1 Benai Kuantan Singingi Melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Sekolah Ramah Anak Se Provinsi Riau

Spread the love

 

Berita IMN.com-PEKANBARU | Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau melalui Bidang Kelembagaan Tumbuh Kembang dan Pemenuhan Hak Anak (KTKPHA) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Sekolah Ramah Anak bagi Tenaga Pendidik/Kependidikan Tingkat SMA/Sederajat Tahun 2023 di Provinsi Riau. Selasa (30/05/2023).

Kegiatan Bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Lembaga Pendidikan Tingkat SMA Sederajat tentang perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak secara universal melalui Konvensi Hak Anak (KHA) dan Kebijakan Sekolah Ramah Anak.

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperkuat kelembagaan Sekolah Ramah Anak Tingkat SMA Sederajat di Provinsi Riau.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, melalui Kabid KTKPHA Ns Asfeni SKep, MKes saat pembukaan Bimtek.

Tujuan utamanya, mempercepat terwujudnya Provinsi Riau sebagai Provinsi Layak Anak melalui pendekatan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak pada bidang Pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 30 hingga 31 Mei 2023 di Hotel Evo, Kota Pekanbaru.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 peserta dari unsur Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan/Guru Bimbingan Konseling (BK) dari 25 SMA/SMK/MA se-Provinsi Riau.

Kepala Sekolah SMAN 1 Benai Asmariadi, ST.MM Menghadiri Deklarasi Bersama Satuan Pendidikan Ramah Anak tingkat Provinsi Riau.

Narasumber utama berasal dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPA) Republik Indonesia, Yayasan Intan Payung, dan Madrasah Uways Alqorni Pekanbaru.

Kepala Sekolah SMAN 1 Benai Asmariadi, ST.MM secara konsisten telah memenuhi hak anak dan melindunginya dalam penyelenggaraan. Kami telah mengimplementasikan Konvensi Hak Anak.

Kepala Sekolah SMAN 1 Benai Asmariadi, ST.MM mengatakan, Bimtek sekolah Ramah Anak yang kami ikuti juga sudah selesai. SMAN 1 Benai terpilih juga sebagai peserta Ter aktif.