PT. Aneka Tambang Mineralindo (ATM) Melakukan Aktivitas Galian C Legal Di Desa Delik Kab. Siak

PT. Aneka Tambang Mineralindo (ATM) Melakukan Aktivitas Galian C Legal Di Desa Delik Kab. Siak

Spread the love

 

Beritaimn.com – Siak – Berjalannya Proyek Pembagunan Jaringan Perpipaan Dan Bangunan Pendukung SPAM IKK dikerjakan oleh PT. Monhas Andesrabat (MA) yang Menggunakan Tanah Timbun Galian C yang berasal dari PT. Aneka Tambang Mineralindo (ATM)/ Penyedia tanah timbun yang beralamat di Desa Delik, Kerinci Kanan, Kabupaten Siak ini mengantongi izin (Legal) dari dinas terkait. Hal ini ditegaskan oleh Nofrianto perwakilan dari PT. ATM. Rabu (25/10/2023)

Saat dikonfirmasi oleh media ini, terkait Legalitas PT. ATM, Nofrianto mengatakan bahwa Perusahaan nya telah mengantongi seluruh izin untuk melaksanakan aktivitas Galian C dan Perusahaan nya telah mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu Mengacu pada Peraturan Persiden (Perpres) nomor 55 Tahun 2022, jenis perizinan komoditas mineral bukan logam dan batuan yang sudah didelegasikan ke Pemerintah Provinsi, dari dasar inilah aktivitas yang dilakukan oleh PT. ATM berjalan.

” PT. ATM sudah memiliki izin galian C, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti juga yang diatur dalam Undang– Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, maka dari itu Proyek penimbunan yang dikerjakan oleh PT. MA dapat beroperasi,” terang Nofrianto.

Lanjutnya, Secara detail, PT. ATM sebagai sebagai penyedia tanah timbun sudah mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP) serta Surat Izin Penambangan Batuan (SIPB), sesuai dengan apa yang telah diatur oleh Pemerintah,” pungkas Nofrianto.

” Jadi, Kami dari PT. ATM membantah dengan apa yang telah diberitakan oleh beberapa Media Online yang telah terbit yang mengatakan bahwa PT. ATM selaku penyedia tanah timbun melakukan aktivitas yang ilegal,”.

” Sekali lagi saya tegaskan bahwa aktivitas Galian C yang dilakukan oleh PT. ATM seluruh Legal (Resmi),” tegas Nofrianto sambil memperlihatkan seluruh Foto Copy berkas legalitas ijin Galian C dan Legalitas lainnya kepada Media ini.

” PT. ATM telah mengikuti Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2022 tentang Pendelegasian Pemberian Perizinan Berusaha di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara, dan seluruh ijin telah kita ikuti,” pungkas Nofrianto

Hal senada juga dikatakan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari Dinas PU sekaligus penanggung jawab pelaksanaan SPAM yang berhubungan langsung dengan PT. MA yang enggan disebutkan namanya berinisial (T) yang mengatakan bahwa pihak pelaksana proyek yaitu PT. MA telah melakukan pekerjaannya sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan dan PT. ATM selaku pemilik Kuari (penjual tanah timbun) juga telah memiliki ijin ataupun legalitas yang jelas terkait penggunaan tanah timbun galian C yang berada di Desa Delik, kerinci kanan, kabupaten siak,.

Perlu kita ketahui PPK memiliki tugas dan wewenang, yaitu, Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan dan rencana penarikan dana berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Menerbitkan Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa,Membuat, menandatangani dan melaksanakan perjanjian/kontrak dengan Penyedia Barang/Jasa,Melaksanakan kegiatan swakelola,Mengendalikan pelaksanaan perjanjian/kontrak, Melaporkan pelaksanaan/penyelesaian kegiatan kepada KPA, dan lainnya,” Kata T

Dalam hal proyek tersebut, PPK telah menjalankan tugas dan fungsi nya seperti yang telah diamanatkan oleh Pemerintah, tutupnya.

****

Tinggalkan Balasan