Polres Langkat Kawal Kegiatan Festival Pawai Obor Kreatif Patuah ke-5, Menyambut 1 Muharram 1445 H Sekaligus Milad ke-6 2023 di Tanjung Pura

Polres Langkat Kawal Kegiatan Festival Pawai Obor Kreatif Patuah ke-5, Menyambut 1 Muharram 1445 H Sekaligus Milad ke-6 2023 di Tanjung Pura

Spread the love

LANGKAT SUMUT, Beritaimn.com Kegiatan pengamanan Festival Pawai Obor Kreatif Patuah ke-5 & Sekaligus Milad ke-6 Tahun 2023 dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 H bertempat di lapangan sepak bola Nur Cahaya Kelurahan Pekan Tanjung Pura Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Selasa (18/7/2023) sekitar pukul 21.00 WIB.

Kegiatan pengamanan festival Pawe obor di pimpin Kabag Ops Polres Langkat AKP Sahrial Sirait SH MH dan Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Camat Tanjung Pura M Nawawi S.STP, M.AP, Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman SH, Anggota DPRD Kabupaten Langkat, Fraksi Partai PKS Fatimah, S.SI, M.Pd.mewakili Danramil 11 Tanjung Pura Babinsa Kelurahan Pekan Tanjung Pura Sertu Kuusno, Sekcam Tanjung Pura Zulkarnaen Sembiring S.Sos, Anggota Kasi Trantib Tanjung Pura, Lurah Pekan Tanjung Pura, PAC PP Kec. Tanjung Pura, Rayon FKPPI Kecamatan Tanjung Pura,Team Personil Polres Langkat dan Polsek Tanjung Pura, serta uandangan lainnya.

Kegiatan pelepasan peserta Pawai Obor secara simbolis oleh Camat Tanjung Pura di depan pintu masuk Stadion Nur Cahaya dengan Rute lintasan yang di lintasi peserta Pawai Obor di awali dari Lapangan Nur Cahaya ke Jalan Bambu Runcing – Jalan Perjuangan – Simpang Kantor Camat – RSU Tanjung Pura Jln. Khairil Anwar – Pasar Baru Tanjung Pura, Simpang 4 Pekubuan Jln. Pattimura, Polsek Tanjung Pura dan Finish kembali ke Lapangan Nur Cahaya dengan jarak tempuh sepanjang 2 Km.

Adapun para peserta berasal dari Kec Tanjung Pura, Kec. Hinai dan Kec. Gebang yang terdiri dari 26 Regu dengan jumlah peserta sebanyak 2.497 orang.

Dan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menyemarakkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah guna mempererat silaturahmi antar pemuda remaja masjid, dan sarana menuangkan kreatifitas pemuda dan para peserta kegiatan dinilai oleh juri yang telah ditunjuk, dan pemenangnya akan menerima Thropy dan uang pembinaan.

Kegiatan Pawai Obor diselenggarakan oleh Pemuda Al – Hijrah Bertuah (PATUAH) Kecamatan Tanjung Pura dan sebagai Ketua Umum PATUAH  Aidir Ayahputra, S.HI beserta Ketua Panitia Maulida Savira.

Kemudian hasil monitoring dilapangan ratusan warga memadati sisi kanan dan kiri jalan protokol Kelurahan Pekan Tanjung Pura untuk menyaksikan Festival Pawai Obor Kreatif Patuah ke-5 & Sekaligus Milad ke-6 Tahun 2023 di mana masyarakat menyaksikan cukup antusias jalannya pawai obor tersebut kemudian selain menyaksikan pawai obor warga juga menyaksikan berbagai replika yang diiringi para penabuh beduk sambil membacakan sholawat dan takbiran.

Kegiatan apel dipimpin oleh Kabag Ops Polres Langkat AKP Syahrial Sirait, SH, MH dalam rangka melaksanakan perintah Kapolres Langkat berdasarkan surat perintah Nomor : Sprin/807/VI/PAM 3.2./2023/Ops, perihal pengamanan kegiatan festival pawai obor kreatif patuah ke-5 & sekaligus milad ke-6 memeriahkan tahun baru Islam 1446 H / tahun 2023.

Dalam giat tersebut Kabag Ops menyampaikan, kepada para peserta Apel untuk menjaga Attitude selama pelaksanaan kegiatan Pam, serta tetap waspada bilamana terjadi eskalasi situasi yang dapat berubah sewaktu-waktu sehingga antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Kegiatan pengamanan yang dilakukan meliputi dari pengamanan lalu lintas, pengamanan masyarakat, kenderaan serta harta benda bagi pengunjung pawai obor dan saya minta semua personil jangan ada diam ditempat karena kita harus mengamankan kelancaran lalu lintasnya juga kelancaran kegiatannya,” katanya.

Lanjut dia, Guna terciptanya Kamseltibcarlantas pihak Kepolisian melibatkan perkuatan 1 Unit mobil Patroli serta Personil Polres Langkat dan Polsek Tanjung Pura sebanyak 47 orang untuk kelancaran kegiatan Pawai Obor terbagi di 12 titik yaitu, “Depan Polsek, Simpang Pekubuan, Jalan Pajak Baru, Depan RSUD Tanjung Pura, Simpang Kantor Camat, Jalan Perjuangan, Simpang Waduk, Simpang Koramil, Kegiatan berakhir sekira pukul 00.15 Wib dalam keadaan dan Kondusif,” pungkasnya.

(Usman, S.Pd)