Polres Kampar Laksanakan Apel Kesiapan Satgas Pengamanan Kampanye Operasi Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024

Polres Kampar Laksanakan Apel Kesiapan Satgas Pengamanan Kampanye Operasi Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024

Spread the love

 

BERITAIMN.COM-KAMPAR ,- Selasa (28/11/2023) mulai pukul 08.00 Wib, bertempat di Lapangan Upacara Mapolres Kampar dilaksanakan Apel Satgas Pengamanan Kampanye Operasi Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 untuk Jajaran Polres Kampar.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Kapolres Kampar AKBP Ronal SumajaSIK yang diwakili Waka Polres Kampar Kompol Andi Cakra Putra dan Komandan Apel IPDA Ashari Antoni serta pasukan Apel terdiri dari Personel Gabungan Polres Kampar, dan seluruh Pejabat Utama Polres Kampar.

Dalam kesempatan ini Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja yang di wakili oleh Waka Polres Kampar Kompol Andi Cakra Putra menyampaikan bahwa Pemilu meruapakn wujud keikut sertan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara. Disamping itu, Pemilu adalah sarana demokratis untuk menyampaikan  aspirasi rakyat dalam rangka membentuk sistem negara yang legitimate dan berkedaulatan rakyat.

“Mengingat arti penting dan strategisnya pemilu, pemerintahan dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara, maka pada konteks inilah Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang tahapannya telah berlangsung saat ini,” jelas Waka Polres

Untuk diketahui, pengamanan masa pemilu untuk tahapan kampanye akan berlangsung selama 75 hari yang dimulai sejak tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

“Untuk menghadapi pengamanan Pemilu 2023-2024 tahapan kampanye ini, ada beberapa penekanan yang ingin saya sampaikan untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain :

1. Siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang optimal.

2. Petakan setiap kerawanan pada tahapan kampanye, serta lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi inteljien, didukung Bhabinkamtibmas, untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat untuk dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas.

3. Implementasikan asta siap secara maksimal di masing-masing kesatuan sehingga pengamanan Pemilu 2023-2024 dapat benar-benar kita laksanakan secara optimal.

4. Perkokoh kerja sama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI dan segenap komponen masyarakat, guna wujudkan sienrgi polisional yang proaktif dalam rangka pengamanan Pemilu 2023-2024.

5. Gelorakan deklarasi pemilu damai di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu.

6. Bagi segenap anggota Polri, jaga komitmen dan netralitas, serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan pemilu yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

7. Tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman terorisme yang memanfaatkan momen pemilu, khususnya wilayah yang memiliki kerawanan serta berpotensi dijadikan target oleh pelaku.

8. Berikan arahan dan petunjuk yang jelas kepada anggota sebelum bertugas serta pedomani aturan dan SOP yang berlaku untuk menghindari kesalahan prosedur dalam setiap pelaksanaan tugas.

Kegiatan Apel ini berakhir pukul 08.30 wib dan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

( Marhatta Wibisono )

Tinggalkan Balasan