Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023, Irjen M Iqbal Pastikan Kesiapan Pengamanan

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023, Irjen M Iqbal Pastikan Kesiapan Pengamanan

Spread the love

 

BERITAIMN.COM-Pekanbaru – Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal memimpin apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 jajaran Polda Riau.

Sebanyak 2.803 personel disiagakan untuk pengamanan natal dan tahun baru tersebut.

Apel gelar pasukan dilakukan di Mapolda Kamis pagi ini. Selain Kapolda Riau Irjen M Iqbal, terlihat hadir Gubernur Riau H Edy Natar Nasution, Kepala BNN Riau Brigjen Pol Robinson Siregar dan jajaran pejabat lain di Riau.

Dalam apel, Irjen Iqbal dan Gubernur Riau langsung berjalan mengecek personel di lapangan. Termasuk peralatan dan semua fasilitas yang digunakan selama operasi digelar.

“Kita siapkan 36 pos pengamanan dan 18 pos pelayanan. Tak menutup kemungkinan kita tambah karena melihat dinamika cuaca saat ini di lapangan,” ujar Kapolda, Kamis pagi (21/12/2023).

Mantan Kapolda NTB tersebut mengaku seluruh personel yang ikut dalam operasi telah siap bertugas. Dalam operasi tercatat ada 2.803 peronel yang terlibat mulai dari polisi, TNI, Basarnas, BPBD hingga stakeholder lain di sejumlah daerah.

“Kita lihat dinamika cuaca, semoga saja perkiraan BMKG tepat. Pagi ini kita apel kesiapan untuk melakukan kesiapan dan kita siap, semua stakeholder ada polri, TNI, pemda dan semuanya siap. Personel ada 2.803, ini juga bisa kita tambah apabila ada dinamika bencana bisa lapor pak gubernur, danlanal, danlanud, dandim untuk tambah,” terangnya.

Khusus jalur lintas Riau-Sumatera Barat dan Riau-Sumatera Utara Iqbal mengaku dua jalur tersebut jadi perhatian serius. Sebab, keduanya masuk dalam peta bencana alam di tengah musim hujan dengan mobilitas yang tinggi.

“Kita tahu mobilitas akan tinggi saat natal dan tahun baru, jalur Sumatera Barat dan Sumatera Utara jadi prioritas kami karena ada rawan longsor. Oleh karena itu seluruh pos keamanan ada di sana, kita akan siap dengan segala kemungkinan,” tegasnya.

“Sementara untuk pengamanan natal dan tahun baru, sejumlah organisasi masyarakat dan tokoh pemuda juga telah dilibatkan. Iqbal mengajak duduk seluruh elemen masyarakat agar pelaksanaan natal dan tahun baru berjalan lancar.
Juga mempelancar mobilitas jalur, tepat2 wisata jalur mudik pulang kampung seperti ke sumatra barat menjadi prioritas kami,” sambungnya.

“Tujuan kita mengamankan dan membuat perayaan natal agar aman dan hikmat. Kita sudah kumpulkan semua polres, bupati dan walikota juga sudah duduk bersama. Kita minta pemuda dan ormas islam untuk sama menjaga gereja karena toleransi di Riau tinggi,” tutup mantan Kadiv Humas Polri tersebut.

( Marhatta Wibisono )

Tinggalkan Balasan