ArtikelPeristiwaTNI Polri

Perwira Pertama Polri Meninggal Dunia, saat Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2023

Spread the love
Kapolda Jabar Irjen Akhmad Wiyagus saat melayat ke rumah duka Ipda Tarli In Solihin (Foto: Istimewa)

INDRAMAYU, Beritaimn.com Duka menyelimuti keluarga besar Polda Jabar. Seorang perwira pertama Polri Ipda Tarli In Solihin gugur saat bertugas mengamankan jalur mudik di wilayah Indramayu.

Ipda Tarl In Solihin bertugas di Polres Indramayu. Sehari-hari, Tarl bertugas sebagai anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sukagumiwang, Polres Indramayu.

Ipda Tarli wafat saat bertugas mengamankan arus mudik Lebaran 2023 pada Minggu (16/4/2023). Saat itu, Tarli bertugas di pos pengamanan Tulungagung, Kecamatan Kertasemaya.

Sebelum wafat, Tarli tengah bertugas mengamankan arus lalu lintas. Fisiknya lantas menurun dan dia beristirahat di pos. Namun setelah duduk, dia tiba-tiba lemas dan terjatuh.

Polisi lain yang melihat Tarli berusaha membangunkan. Namun, tak ada respins dari Tarli. Hingga akhirnya Tarli dibawa ke RS Mitra Plumbon dan dinyatakan meninggal dunia.

Kabar ini sontak membuat institusi Polri kaget dan berduka. Kapolda Jabar Irjen Akhmad Wiyagus bahkan melayat ke rumah duka yang berada di Desa Candangpinggan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, pada Minggu (16/4/2023).

“Jajaran Polda Jabar menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya IPDA Tarlin. Meski dalam kondisi sakit, almarhum tetap bertugas melebihi kewajibannya sebagai seorang Bhayangkara Negara,” kata Wiyagus dalam keterangan tertulis, Senin (17/4/2023).

Wiyagus mengatakan, Polda Jabar kehilangan sosok Tarli. Dia menilai Tarli merupakan anggota yang berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugas negara.

“Salah satu anggota terbaik Polres Indramayu Polda Jabar yang meninggal dunia karena sakit dan sedang bertugas di pos pam lebaran 2023,” tuturnya.

“Ini merupakan perjuangan tugas dari seorang polisi yang harus meninggalkan anak istri dan akhirnya berpulang dalam bertugas,” kata Wiyagus menambahkan.

Kapolres Indramayu, AKBP Fahri Siregar menambahkan almarhum mengalami serangan jantung saat bertugas di Pos Pam Tulungagung, Kecamatan Kertasemanya. Fahri menyebut, almarhum meninggal dunia saat perjalanan menuju rumah sakit.

“Saat dalam perjalanan menuju rumah sakit almarhum meninggal dunia,” kata Fahri.

Menurut Fahri, usai disemayamkan di rumah duka jenazah almarhum diberangkatkan ke kampung halamannya di Tasikmalaya untuk dimakamkan.

“Setelah disemayamkan di rumah duka, jenazah almarhum diberangkatkan ke Tasikmalaya untuk dimakamkan di kampung halamannya,” tambahnya. (***)