Pengurus PWRI Provinsi Riau mengadakan Pemotongan Hewan Qurban

Pengurus PWRI Provinsi Riau mengadakan Pemotongan Hewan Qurban

Spread the love

 

Berita IMN.com – Pekanbaru – Momen Hari Raya Idul Adha 1444 H/ Tahun 2023, Ketua umum Persatuan Wredhatama Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Riau Brigadir Jenderal TNI (Purn) Saleh Djasit dan sejumlah Pengurus PWRI Provinsi Riau mengadakan Pemotongan hewan qurban.

Pemotongan hewan qurban tersebut dilaksanakan di Kantor PWRI Riau Jalan Setia Budi, Kota Pekanbaru,Sabtu (1/7/2023)

Dari pantauan Media ini, Acara di mulai pagi pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai, sejumlah pengurus dan anggota PWRI Riau sangat antusias mengikuti proses pemotongan hewan kurban, jumlah hewan qurban yaitu 3 Ekor Sapi.

Selain dihadiri Langsung oleh Ketua PWRI Riau, acara pemotongan hewan qurban 1444 H juga dihadiri oleh Ketua panitia Drs. H. Sarjono Amnan,MM, Sekretaris Ir. H. Azwin Ayub, MT, Bendahara Dra.HJ. Rosmawati,Apt,M.SI, Seksi penyembelihan hewan qurban Ir.H.Munzur Aziz, Almunir Syafi’ i, Seksi distribusi Perlengkapan Drs.H.Zakaria Yusuf, Bakhtiar serta anggota PWRI Riau.

Hewan kurban berasal dari Gubernur Riau, PT. Bumi Siak Pusako (BSP), dan Dari International Creative School (ICS). Hewan kurban diserahkan langsung oleh Ketua PWRI Riau kepada Panitia qurban dan selanjutnya dilakukan pemotongan.

Kepada Media ini, Ketua PWRI Riau H. Shaleh Djasit mengatakan bahwa,” Alhamdulilah acara penyembelihan hewan qurban yang dilakukan hari ini berjalan dengan lancar dan aman,”.

Hewan-hewan yang akan diqurbankan tersebut tentunya sudah diperiksa kesehatannya oleh Panitia baik kesehatan fisik sebelum dipotong maupun kesehatan organ dalam setelah dilakukan penyembelihan.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi syarat hewan qurban dari segi syariat Islam serta kesehatan dan kelayakan yang harus dikonsumsi, pungkas H. Saleh Djasit yang juga merupakan Owner ICS.

Lebih lanjut H. Shaleh Djasit menerangkan kepada media ini bahwa,” paket daging qurban ini kita berikan kepada panti jompo dan panti asuhan serta anggota PWRI Riau.

” Dengan diadakannya pemotongan hewan kurban ini, semoga kita dapat menjadikan momentum Hari Raya Idul Adha 1444 H tahun ini dapat meningkatkan nilai-nilai keihklasan, keimanan serta ketakwaan kita dalam mengabdikan diri sebagai insan manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT,” ujar H. Shaleh Djasit.

Salah satu ayat yang berisi perintah berqurban adalah Al Kautsar ayat 2, Allah SWT berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

Artinya: “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah.

” Dengan berqurban ini tentunya sebagai ibadah kita kepada Allah, semoga apa yang kita qurban kan ini sama besarnya dengan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, kita perlu mempererat namanya toleransi beragama sehingga kita dapat memperkokoh persatuan di dalam bermasyarakat khususnya sesama anggota PWRI Riau,” pungkasnya.

” Semoga pemberian paket hewan qurban ini berkah dan sangat bermanfaat sekali bagi penerimanya, kedepannya kami berharap acara serupa terus berlanjut dan kami mendoakan agar keluarga besar PWRI Riau selalu dalam lindungan Allah SWT, amin,” tutup H. Shaleh Djasit.

****