Pencarian Eril Jadi Prioritas Kemenlu Swiss, Interpol Terbitkan Yellow Notice

Pencarian Eril Jadi Prioritas Kemenlu Swiss, Interpol Terbitkan Yellow Notice

Spread the love

 

BANDUNG, BeritaIMN.com – Upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Ridwan Kamil, dijadikan sebagai prioritas oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Swiss. Kemenlu Swiss juga telah melakukan komunikasi erat dengan pihak Kepolisian Kota Bern serta memantau perkembangan pencarian Eril.

Upaya prioritas itu disampaikan oleh Kepala Protokol Kemenlu Swiss dan Duta Besar Beatrice Schaer, langsung kepada Ridwan Kamil, Rabu (01/06/2022).

“Duta Besar Schaer kembali menekankan dukungan penuh Pemerintah Swiss atas upaya pencarian Saudara Eril dan menjadikan pencarian ini sebagai prioritas utama,” tulis keterangan pers KBRI Bern yang dikutip, Kamis (02/06/2022).

Duta Besar Schaer juga memastikan bahwa Kemenlu Swiss telah berkomunikasi erat dengan pihak Kepolisian Kota Bern serta memantau perkembangan pencarian Eril.

“Pencarian Saudara Emmeril Kahn Mumtadz, atau Eril, di Sungai Aare, Kota Bern hari ini terus diintensifkan dengan metode patroli darat, perahu, dan drone. Fokus pencarian hari ini adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde. Selain itu, patroli juga tetap dilakukan mulai area Schwellenmaetelli hingga Wohlensee,” ucapnya.

Selain itu, pada pencarian Eril, Ridwan Kamil beserta sang istri turut menyisir Sungai Aare. Mulai dari rute darat hingga wilayah perairan yang dinyatakan cukup aman.

“Orang tua saudara Eril, Bapak Ridwan Kamil beserta Ibu Atalia, hari ini masih memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran Sungai Aare. Rute yang ditempuh oleh orang tua Saudara Eril termasuk rute darat dan sebagian wilayah sungai yang aman dijelajahi manusia,” katanya.

KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5/2022) pukul 11.24 waktu setempat. Upaya pencarian saudara Eril oleh tim SAR melibatkan unsur polisi, Polisi Maritim, dan pemadam kebakaran, serta didukung oleh Pemerintah Kanton Bern.

Sementara itu, Interpol telah menerbitkan atau merilis Yellow Notice terkait hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Aaree, Swiss. Dengan terbitnya Yellow Notice tersebut, seluruh negara yang menjadi anggota Interpol telah menerima informasi kehilangan anak dari putra sulung Ridwan Kamil tersebut.

“Ya betul, Interpol sudah merilis Yellow Notice Eril,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

“Dari Interpol pusat yang ditujukan kepada seluruh anggota Interpol dunia,” ujar Dedi.

Langkah penerbitan Yellow Notice yang diajukan oleh pihaknya itu, kata dia, merupakan langkah proaktif Polri untuk ikut membantu pencarian putra dari Ridwal Kamil.

“Polri berkerja sama dengan Interpol, kepolisian Swiss dan KBRI setempat terus memantau secara aktif perkembangan di lapangan,” kata Dedi. (*)