Pembangunan Gudang Lumbung Pangan Masyarakat di Desa. Sekarwangi karawang.

Pembangunan Gudang Lumbung Pangan Masyarakat di Desa. Sekarwangi karawang.

Spread the love

 

Fathoni poto disalah satu mesin penggilingan padi yang sudah datang. 

Karawang Jabar, BERITAIMN.com

Pemerintah Daerah Kab. Karawang mempunyai program ketahanan Pangan dan menghidupkan para petani-petani agar tidak rugi terutama permainan dari para Tengkulak-tengkulak, dan sesuai slogannya Kab. Karawang adalah Lumbung Padi. Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Dinas Pertanian dan Pangan membuat program Pembangunan 2 Gudang yaitu untuk penyimpanan Padi/beras, yang satunya Gudang Penggilingan padi dan pengadaan Mesin RMU. Dari 30 Kecamatan yang mendapatkan pembangunan Gudang beserta mesin-mesin penggilingan Padi dan lain-lain hanya 7 Kecamatan, tiap-tiap 1 Kecamatan mendapatkan anggaran sebesar Rp. 1 Milyar.

Fathoni poto bersama Saudara Tatang Penanggung Jawab di Lapangan. 

Hari rabu tgl : 12-10-2022 pagi hari yang Cerah Akhmad Fathoni, SH. ketua Brigade Teh Cellica berkunjung ke Ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Mekarjaya H. Hudeira  di Desa. Sekarwangi Kec. Rawamerta, namun di sambut oleh putranya yang bernama Radinal sebagai Bendahara. Ketika di mintai wawancara oleh Fathoni dan rekan-rekan Media yang hadir maka di wakilkan oleh Saudara Tatang sebagai penanggung jawab di lapangan.

Kepada Fathoni dan awak media yang hadir saudara Tatang menyampaikan bahwa peletakan batu pertama ini buka oleh Wakil Bupati (H. Aep Saepulloh, SE) , sesuai berita acara Adendum pembangunan 2 Gedung Gapoktan ini 90 hari kerja selesai, maka kemungkinan akhir bulan oktober ini selesai dan segera di resmikan oleh Bupati/wakil Bupati.

Adapun luas lahan untuk 2 Gudang dan 1 lantai jemur adalah 30×15 m, mengenai anggaran yang di gelontorkan oleh Pemerintah Daerah untuk mesin RMU adalah Rp. 500juta per Gapoktan sisanya untuk pembangunan 2 Gudang dan 1 lantai jemur.

Menurut saudara Tatang yang mewakili para Gapoktan dengan adanya program Lumbung Pangan Masyarakat ini sangat positif dan menunjang kesejahteraan Masyarakat/para Petani setempat, karena akan menaikan perekonomian  para petani-petani dan merugikan para Tengkulak-tengkulak yang selama ini membuat para petani menjerit/rugi.

Untuk mengejar pembangunan 2 Gudang ini maka dikebut dalam 1 minggu kerja untuk hari liburnya hanya hari Jumat, total para kuli/pekerjanya total ada 15 pekerja.

Demikian penyampaian Saudara Tatang kepada Fathoni dan para awak media yang hadir dilokasi.

(LN)