Peduli Keselamatan Ketenagalistrikan, PLN UID Riau dan Kepri Lakukan Edukasi Kepada Stakeholder dan Masyarakat Pekanbaru

Peduli Keselamatan Ketenagalistrikan, PLN UID Riau dan Kepri Lakukan Edukasi Kepada Stakeholder dan Masyarakat Pekanbaru

Spread the love

Berita IMN- pekanbaru (31/01/2023),

PT PLN (Persero) UID Riau dan Kepri melalui salah satu Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru menggelar acara Forum Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) dan bertepatan dengan Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2023 bersama Stakeholder dengan mengusung tema “Terwujudnya Budaya K3 guna Mendukung Keberlanjutan Proses Bisnis Ketenagalistrikan” di Ballroom Hotel Arya Duta Pekanbaru, pada Selasa (31/01).

Sosialisasi dan implementasi budaya Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) ini dibuka oleh Manager PT PLN (Persero) UP3 Pekanbaru melalui Assistant Manager Niaga dan Pemasaran, Syaeful Hanan, acara dihadiri oleh Camat dan Lurah bersama jajaran se-Kota Pekanbaru, Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pekanbaru Kota Barat, Manager PLN ULP Pekanbaru Kota Timur, Manager PLN ULP Panam, Manager PLN ULP Simpang Tiga, Manager PLN ULP Rumbai, Manager PLN ULP Perawang, Manager PLN ULP Kampar, Managemen PT Haleyora Pekanbaru dan Media.

Manager UP3 Pekanbaru Wira Bhakti Dharma melalui Assistant Manager Niaga dan Pemasaran, Syaeful Hanan menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PLN terhadap Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap penerapan Keselamatan Ketenagalistrikan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap penggunaan listrik secara aman terhadap potensi bahaya listrik yang dapat menyebabkan kecelakaan kelistrikan mulai kebakaran, luka ringan hingga kematian,” ungkap Hanan.

PLN turut mengimbau masyarakat untuk peduli dan lebih waspada akan bahaya kelistrikan serta lebih memperhatikan cara pemakaian listrik yang aman dan nyaman.

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kepedulian terhadap potensi bahaya listrik baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Jauhi berbagai macam aktivitas atau kegiatan dekat jaringan listrik, hindari penggunaan peralatan listrik yang tidak sesuai dengan standar,” tambah Hanan.

Dalam kesempatan yang sama, Team Leaders K3 ULP Pekanbaru Kota Barat PLN UP3 Pekanbaru, Suganda Tobing juga memberikan sejumlah tips aman untuk menghindari potensi bahaya kelistrikan.

“Kita bisa mulai dari yang sederhana dengan cara memperhatikan hal-hal kecil yang kerap ditemui dalam keseharian seperti hindari pekerjaan pembangunan/renovasi rumah dengan jarak minimal 3 (tiga) meter, hindari pemasangan antena TV dengan jarak minimal 3 (tiga) meter, hindari bermain layang-layang dekat jaringan listrik PLN, hindari pemasangan baliho/papan reklame dekat jaringan listrik PLN dengan jarak minimal 3 (tiga) meter, penyalahgunaan tenaga listrik dengan mengutak-atik Alat Pembatas dan Pengukur (APP) milik PLN, hindari penggunaan stop kontak yang tidak sesuai standar atau stop kontak menumpuk (melebihi beban).

Kita bisa mulai dari saat ini juga untuk senantiasa waspada akan potensi bahaya kelistrikan yang bisa muncul disekitar lingkungan kita dengan bertindak proaktif menghubungi PLN melalui Aplikasi PLN Mobile bila menemukan potensi bahaya tersebut,” ujar Suganda Tobing.

Pada kesempatan tersebut PLN juga memperkenalkan Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan kelistrikan maupun melakukan aduan gangguan kelistrikan dapat menghubungi PLN melalui Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di Playstore dan Appstore.