MusrenbangDes Penyusunan RKPDes 2023 dan DURKP 2024, Desa Medankarya

MusrenbangDes Penyusunan RKPDes 2023 dan DURKP 2024, Desa Medankarya

Spread the love

KARAWANG, Beritaimn.com Pemerintah Desa Medankarya telah menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2022 dalam rangka penyusunan RKPDes Tahun 2023 dan membahas DU-RKPDes Tahun 2024, yang bertempat di Gedung Serbaguna Desa Medankarya, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, pada Rabu (12/10/22).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Turut hadir dalam musyawarah tersebut, Kepala Desa Medankarya, PLT Camat Tirtajaya, Ketua BPD Desa Medankarya beserta anggota, Sekretaris Desa, Pendamping Desa, Ketua PKK, Ketua Pos KB, kader posyandu, Staff, LPM dan perangkat Desa serta tokoh masyarakat Desa Medankarya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Desa Medankarya dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan Musrenbang RKPDes ini dilaksanakan untuk merencanakan pembangunan tahun anggaran 2023 di Desa medankarya

Selain itu, Nurhali mengatakan, beberapa capaian anggaran dan juga pelaksanaan program desa tahun 2022. “Musdes ini sendiri dilaksanakan satu tahun sekali oleh pihak pemerintahan Desa dan BPD, agar semua elemen masyarakat bisa menyampaikan usulan usulan di masing masing wilayahnya dan memberikan aspirasi guna membangun Desa bisa lebih maju lagi,” ujar Kepala Desa Medankarya Nurhali.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian laporan perencanaan RKPDes 2023 dan DU-RKPDes Tahun 2024 oleh Kepala Urusan Perencanaan yang juga anggota Penyusun RKPDes Tahun 2023.

Ketua BPD Medankarya, Jefry dalam kesempatan ini memaparkan, usulan dari awal Musdus disampaikan ke tingkat Musrenbangdes yang sudah disaring untuk menyusun RKP Des Tahun 2023. Setiap usulan-usulan yang sudah ditetapkan bisa terealisasi.

Ia berharap, adanya awal usulan dari rapat musyawarah dusun (Musdus) lalu disampaikan (kembali) dengan adanya rapat Musrenbangdes, supaya usulan-usulan anggaran pembangunan dapat disaring dan diserap dan jika ada yang belum diusulkan agar dapat diusulkan kembali.

“Semoga, dengan adanya Musdes RKPDes perencanaan pembangunan di Tahun Anggaran 2023 bisa terelisasi dan kedepan, Desa medankarya ini, bisa terus maju lagi demi kesejahteraan masyarakat Desa,” katanya.

(Md)