Maling di Bekasi Bobol Kotal Amal Masjid Berisi Rp 4 Juta Raib , Aksinya Terekam CCTV

Maling di Bekasi Bobol Kotal Amal Masjid Berisi Rp 4 Juta Raib , Aksinya Terekam CCTV

Spread the love

Kotak amal Masjid Jamiul Khoir di Kampung Rawa Julang, Desa Gandamekar, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, dibobol maling.

BEKASI, Beritaimn.com Aksi dua pencuri uang di dalam kotak amal Masjid Jamiul Khoir di Kampung Rawa Julang RT01 RW02, Desa Gandamekar, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terekam CCTV.

Informasi yang dihimpun, dalam rekaman CCTV, pelaku berjumlah dua orang. Mereka berboncengan sepeda motor masuk dalam area masjid melalui pintu samping. Kedua pencuri ini kemudian masuk ke dalam masjid dengan cara mencongkel jendela kemudian menuju kotak amal.

Aksi pencurian ini diketahui pada Kamis (17/11/2022) dini hari, tepatnya ketika marbot masjid hendak melakukan bersih-bersih menjelang Salat Subuh.

“Iya pas mau bersih-bersih masjid, saya lihat gembok kotak amal itu sudah rusak, tadinya pakai yang kecil, sekarang sudah diganti pakai yang besar,” ujar Sanin Saputra (41), marbot Masjid Jamiul Khoir, Jumat (18/11/2022).

Atas kejadian tersebut, dirinya langsung melaporkan kepada Ketua DKM Masjid. Kemudian, kata dia, untuk memastikan pencurian itu CCTV masjid diperiksa dan tampak dua remaja belasan tahun masuk ke dalam masjid dan menggasak isi kotak amal. “Saya langsung lapor ke DKM, terus sepuluh menit kemudian minta Pak Ustaz cek rekaman CCTV, ternyata benar ada dua pelaku. Kalau dilihat sih masih usia di bawah 20 tahun,” katanya.

Ketua DKM Masjid Jamiul Khoir Sanin Suhendro (45) mengatakan, aksi pencurian terjadi saat masjid dalam keadaan sepi. Setelah berhasil masuk, dua pelaku dengan leluasa merusak gembok kotak amal dan menguras seluruh uang yang rencananya akan digunakan untuk biaya perawatan dan perbaikan fasilitas masjid. “Gembok kotak amal dirusak pakai obeng kayaknya, terus gemboknya juga dibuang sama pelaku, kalau isinya itu ada sekitar Rp4 juta, karena sudah sebulan belum kita ambil,” ungkap dia.

Akibat peristiwa pencurian tersebut, pihak DKM Masjid Jamiul Khoir mengalami kerugian mencapai Rp4 juta yang rencananya uang hasil sumbangan jamah tersebut akan digunakan untuk biaya perawatan dan perbaikan fasilitas masjid.

Peristiwa pencurian kotak amal itu sudah dilaporkan dan dikoordinasikan ke Bhabinkamtibmas Polsek Cikarang Barat untuk mendapatkan petunjuk dalam melakukan laporan Polisi.

“Anggota kami sudah mengecek ulang TKP pencurian kotak amal, dan saat ini dalam penanganan kami,”kata Kapolsek Cikarang Barat Kompol Sutrisno.

Sutrisno juga mengimbau masyarakat turut berperan serta dalam menjaga lingkungannya agar aman dan kondusif. “Sekarang ini lagi marak pencuri terutama dari pelaku pencurian kendaraan bermotor dan lain-lain. Dan segera melaporkan ke Bhabinkamtibmas bila terjadi tindak pidana atau gangguan Kamtibmas lainnya,” pungkas Kapolsek Cikarang Barat. (***)