KNPI dan Disdikpora Karawang, Latih Pemuda Berwirausaha dalam Peningkatan Skill

KNPI dan Disdikpora Karawang, Latih Pemuda Berwirausaha dalam Peningkatan Skill

 

KARAWANG, BeritaIMN.com – Untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang menggandeng kelompok organisasi pemuda dibawah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) melakukan terobosan membuat pelatihan wirausaha pemuda. Pelatihan dilaksanakan pada Selasa hingga Kamis, 5-7 Juli 2022 di Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang.

Wakil Ketua Bidang Koperasi dan UMKM KNPI Karawang, Faizal Muhammad mengatakan, pelatihan skill pemuda dari Disdikpora menggandeng KNPI sebagai lomba P2WKSS tingkat Jawa Barat. Hal demikian, bermula issu dari kemiskinan ekstrim di beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Hingga Dinas berkolaborasi bersama KNPI dalam meningkatkan skill pemuda untuk meningkatkan perekonomian.

Lanjut dia, pelatihan yang digelar di Kantor kecamatan Tirtamulya, SMK 1 Tirtamulya dan SMK Tri Asyifa. Menurutnya, wirausaha pemuda bertujuan meningkatkan skill pemuda agar bisa berwirausaha dan mempunyai usaha.

“Kami ucapkan terimakasih untuk dinas, khususnya Disdikpora yang percaya pada KNPI untuk menggandeng pemuda,” kata Faizal.

“Jenis pelatihan yang kita berikan berupa pelatihan otomotif (Bengkel), design grafis, dan service Handpohone. Alhamdulillah, pemuda setempat banyak yang mengikuti,” ucap dia.

Masih kata dia, untuk mendukung itu KNPI men-support peralatan pelatihan. Pihaknya berharap pasca pelatihan pemuda mempunyai kemampuan untuk membuka usaha.

“Kita akan pantau terus nantinya. Bila ada kendala kita akan bantu,” ujarnya.

Pemerintah Kecamatan dan Desa juga mendukung penuh kegiatan pelatihan pemuda berwirausaha.

“Alhamdulillah Pemerintah setempat juga mendukung. Semoga bisa bermanfaat untuk pemuda Tirtamulya,” jelasnya.

(red)