KM Sida Rahayu 3 Terbalik di Laut Jawa, 6 Selamat dan 8 ABK Masih Pencarian sisir Pantai Sedari

Spread the love

KARAWANG, Beritaimn.com – Kapal Motor (KM) Sida Rahayu 3 yang memiliki 14 anak buah kapal (ABK) terbalik di Perairan Laut Jawa. Saat ini 6 ABK berhasil diselamatkan, sementara 8 lainnya masih dalam proses pencarian.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril menjelaskan bahwa kapal penangkap cumi Sida Rahayu 3 berangkat melaut dari Pelabuhan Muaraangke pada Selasa (23/8/2022) menuju Laut Jawa.

Namun pada Jumat (26/8/2022) pukul 08.45 WIB, TB Mitra Pulau yang sedang berlayar dari Sukamara menuju Marunda, melihat kapal berkapasitas 30 Gross Tonnage (GT) itu terbalik di koordinat 05 17’161″ S 107 48’498″E.

“Dari keterangan ABK yang berhasil diselamatkan kapal nelayan lain, kapal terbalik pada Kamis (25/8/2022) pukul 22.00 WIB,” kata Jumaril, pada Minggu (28/8/2022).

Kapal nelayan TB Mitra Pulau berhasil menyelamatkan 6 ABK, dan membawanya ke Pelabuhan Marunda.

Sedangkan 8 ABK lainnya masih dalam pencarian. “Awak TB Mitra Pulau langsung laporan ke kami terkait adanya kejadian itu,” kata Jumaril.

Menurut Jumaril, pada Sabtu (27/8/2022) pukul 22.50, KN SAR Wisnu bergerak menuju Last Known Position (LKP) untuk melakukan pencarian korban.

Basarnas Bandung juga telah mendirikan Posko SAR di pantai Sedari Karawang. Pencarian masih terus dilakukan hari Minggu ini.

“KN SAR Wisnu dan RIB 03 Jakarta akan melakukan penyapuan sesuai dengan SAR Map Prediction. Hingga sore ini belum ditemukan ABK yang hilang,” katanya.

Dia menjelaskan, bahwa pencarian diaarahkan ke barat, karena berdasarkan SAR Map Prediction sebaran korban diprediksi menuju ke barat.

Dua unit LCR juga disiagakan di Pantai Sedari, Karawang, Jawa Barat. Selain itu, Tim SAR Gabungan juga menyapu pesisir Pantai Sedari.

“Jika korban ditemukan akan dievakuasi ke KN SAR Wisnu dan dibawa ke Pelabuhan Marunda untuk proses identifikasi,” kata Jumaril.

Berikut data ABK selamat

1. Nama : Panji Irawan
Jabatan : KKM

2. Nama : Castiyah
Jabatan : Kelasi

3. Nama : Jamaludin
Jabatan : Kelasi

4. Nama : Ari Sutiyoso
Jabatan : Kelasi

5. Nama : Kirno Hadi
Jabatan : Kelasi

6. Nama : Fiqih Maulana
Jabatan : Kelasi

Data ABK dalam pencarian

1. Nama : Selamet Sugriyono
Jabatan : Nahkoda

2. Nama : Ahmad Sahlani
Jabatan : Kelasi

3. Nama : Kalari
Jabatan : Kelasi

4. Nama : Taryudi
Jabatan : Kelasi

5. Nama : Mungadi
Jabatan : Kelasi

6. Nama : Wisnu
Jabatan : Kelasi

7. Nama : Ady Romadon
Jabatan : Kelasi

8. Nama : Yadi suprihadi
Jabatan : Kelasi

(***)