Kabel Gardu Listrik milik PLN di Bekasi Utara Digasak Maling, Pelaku Diduga Profesional

Kabel Gardu Listrik milik PLN di Bekasi Utara Digasak Maling, Pelaku Diduga Profesional

Spread the love

BEKASI, Beritaimn.com Kabel listrik milik ULP 3 PLN Babelan dicuri orang. Kejadian itu baru diketahui saat petugas PLN sedang memperbaiki jaringan kabel di gardu listrik, tepatnya di RT 01 RW 28, jalan Kaliabang Pengarengan Bekasi Utara.

Petugas menduga aksi pencurian ini dilakukan oleh orang yang sudah profesional dalam bidang kelistrikan. Sebab dalam aksinya, pencuri tersebut sangat rapih menjalankan aksinya.

“Kabel ini dipotong. Kalau dilihat dari cara dia melakukan pencurian, terlihat rapih. Ini hanya orang yang paham tentang kelistrikan,” ujar salah satu petugas PLN di lokasi, Jalan Kaliabang Pengarengan, Bekasi Utara, Rabu (31/05/2023).

Pencurian kabel itu menghambat proses pemindahan gardu listrik yang sudah berbulan-bulan terparkir di bahu jalan.

“Kita sudah lapor ke kantor (PLN). Lagi nunggu kabel pengganti biar segera dipasang lagi,” kata dia.

Lantaran adanya peristiwa tersebut, pemindahan gardu listrik menjadi molor. Rencana awal pengerjaan tuntas pukul 14.00 WIB, mejadi telat dan memakan waktu lama. Dan warga sempat protes, lantaran pemadaman listrik dari pagi hingga menjelang sore.

Namun, hal ini segera ditangani oleh pihak PLN di lokasi, dengan mengirim kabel cadangan ke lokasi kejadian.

“Kedepannya kita perlu waspada terhadap aksi pencurian yang begini. Sebab, selain kerugian dialami PLN, dampaknya ke masyarakat sekitar dikhawatirkan konsleting arus listrik yang tidak sesuai prosedur,” tutup petugas PLN. (***)