Dunia harus ambil langkah nyata hentikan aksi terkutuk Israel

Dunia harus ambil langkah nyata hentikan aksi terkutuk Israel

Spread the love

BeritaIMN Sabtu,8 April 2023.

Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan mengutuk keras serangan Militer Israel ke Kompleks Masjid Al-Aqsa dan Kawasan Gaza, Palestina sejak Rabu (5 April 2023). Serangan brutal Israel pada Umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah di Bulan Ramadhan ini adalah serangan terhadap kemanusiaan yang keji dan tidak beradab. Ini menjadi bukti bahwa Israel adalah negara penjajah yang tidak pernah memiliki empati dan penghargaan terhadap kehidupan keagamaan dan kemanusiaan.

“Sungguh sebuah tindakan keji menyerang orang yang sedang melaksanakan ibadah. Apalagi bagi Umat Islam, Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan kedamaian. Apa yang dilakukan oleh Israel telah menginjak-injak logika kemanusiaan dan aksi brutal yang sangat tidak beradab. Kita menyerukan dunia internasional memberikan sanksi yang tegas terhadap Israel,” ujar Politisi Senior Partai Demokrat ini.

Menurutnya, aksi brutal Israel ini telah dilakukan berulang-ulang dan tidak pernah mengindahkan perdamaian. Bahkan Israel terkesan sengaja melakukan serangan pada saat Umat Muslim tengah menjalankan ibadah di bulan puasa. Ini jelas tindakan provokatif dan pelecehan terhadap keyakinan beragama. Apalagi serangan ditujukan kepada warga sipil tidak bersalah.

“Dewan Keamanan PBB harusnya menjadikan peristiwa penyerangan brutal ini sebagai pijakan untuk melakukan aksi-aksi konkret. Selama ini, PBB terkesan telat respon menyikapi aksi brutal Israel. Terus berulang-ulang yang membuat Umat Islam jadi skeptis, dimana keberpihakan terhadap warga Palestina? Bahkan ini bukan saja perkara penyerangan terhadap sebuah negara, tapi penyerahan terhadap kedaulatan kemanusiaan. Ini juga bukan lagi soal keagamaan, namun persoalan kemanusiaan,” ujar Syarief.

Menteri Koperasi dan UKM di era Presiden SBY ini berharap Indonesia dapat mengambil peran proaktif dalam menggalang dukungan perdamaian bagi warga Palestina. Ini adalah amanat Konstitusi sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke-1, Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, oleh sebab itu penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

“Ada yang tidak manusiawi dan tidak berkeadilan dalam penyerangan tidak berkesudahan Israel kepada Palestina. Jika dunia tidak mengambil langkah nyata, maka perdamaian global memang hanya akan terus menjadi impian. Dunia harus menghentikan semua aksi keji Israel,” tutup nya

Rls
MPR RI

editor
L A S