DISIBUKKAN BERAGAM KEGIATAN POSITIF, WARGABINAAN LAPAS BANGKINANG BUDIDAYAKAN TANAMAN PAK COY HIDROPONIK

DISIBUKKAN BERAGAM KEGIATAN POSITIF, WARGABINAAN LAPAS BANGKINANG BUDIDAYAKAN TANAMAN PAK COY HIDROPONIK

Spread the love

 

Berita IMN.com – Bangkinang – Wargabinaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang terus menunjukkan semangat dan dedikasi positif dengan mengembangkan keterampilannya. Meskipun dihadapkan dengan beragam kegiatan rehabilitasi dan pengembangan diri, mereka berhasil menjadikan kegiatan bercocok tanam tanaman pakcoy sebagai salah satu upaya memperoleh keterampilan baru yang bermanfaat, Selasa (22/8).

Pak choy hidroponik dipilih sebagai tanaman yang cocok untuk dibudidayakan di dalam Lapas Bangkinang karena metode hidroponik yang dapat dijalankan dalam ruangan terbatas. Metode ini tidak memerlukan lahan yang luas, sehingga sangat sesuai dengan memanfaatkan beberapa tempat kosong di Lapas. Selain itu, pak choy dipilih karena merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi dan memiliki permintaan pasar yang tinggi.

Kepala Lapas Bangkinang, Mishbahuddin menyampaikan bahwa Kegiatan budidaya tanaman pak choy hidroponik ini dipandu oleh petugas Lapas yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam pertanian hidroponik. “Wargabinaan diberikan pelatihan mengenai teknik budidaya, perawatan tanaman, serta pemeliharaan sistem hidroponik. Mereka belajar bagaimana menyusun larutan nutrisi yang tepat untuk tanaman, mengontrol kondisi lingkungan tumbuh, dan merawat tanaman hingga siap panen,” ujar Kepala Lapas.

Ia melanjutkan, bahwa Hasil panen tanaman pak choy ini tidak hanya digunakan untuk konsumsi di dalam Lapas, tetapi juga diarahkan untuk mendukung program pemberian makanan bergizi kepada sesama wargabinaan. “Dengan demikian, kegiatan budidaya ini tidak hanya menjadi pelajaran bermanfaat, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan di dalam Lapas,” tambahnya.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi bentuk rehabilitasi, tetapi juga menjadi peluang bagi warga binaan untuk mengembangkan keterampilan yang bisa mereka terapkan di luar nanti,” pungkasnya.

Dengan semangat positif yang terus berkembang di antara warga binaan Lapas Bangkinang, kegiatan budidaya tanaman pak choy hidroponik ini menjadi contoh nyata bagaimana berbagai kegiatan positif dapat membangun perubahan yang bermanfaat bagi wargabinaan.

Tinggalkan Balasan