Dinas. Koperasi dan UKM Melakukan Penyerahan Program Bantuan Barang UMKM.

Karawang Jabar, BeritaIMN.com

Kabid. Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas. Koperasi dan UKM  (H. Agus Jaelani). 

  Kepada Akhmad Fathoni Ketua Brigade Teh Cellica Kabid. Pemberdayaan Usaha Mikro H. Agus Jaelani di dampingi awak media menuturkan bahwa di bulan Desember tahun 2022 ini Pemerintah Daerah Kab. Karawang melalui Dinas. Koperasi dan UKM ada program Penyerahan Bantuan Barang Pelaku UMKM. Di hari Senin tgl : 12-12-2022 Dinas. Koperasi dan UKM melakukan Penyerahan Bantuan Barang kepada para pelaku UMKM yang sudah mendaftar melalui beberapa tahapan/persyaratan yang sudah di tentukan. Adapun bantuan barang tersebut berupa gerobak Bakso dan mie ayam, panci, kompor gas dan lain-lain, adapun bantuan barang ini dananya terbatas.

  Namun ini awal dari Dinas. Koperasi dan UKM ada anggaran bantuan barang untuk masyarakat, baik masyarakat miskin extrim maupun masyarakat umum. Mengenai jumlah bantuan barang untuk bidang PUM (pemberdayaan Usaha Mikro) yaitu ada 200 paket, tapi ada bidang lain yaitu PPK sama ada 200 paket juga.

Salah satu pelaku UMKM yang ingin mengambil gerobak Bakso Mie Ayam di Dinas. Koperasi dan UKM di dampingi pegawai dari Desa. Setempat.

Ini semua berdasarkan permintaan masyarakat yang sudah melalui prosedur yang di tentukan oleh Pemerintah Daerah yaitu sudah mempunyai izin SKU dari Pemdes, izin NIB dari Pemerintah Pusat dan lain-lain. Serta pengajuan proposal yang di ketahui oleh Pemdes (Pemerintah Desa) / Keluar setempat. Bantuan berupa barang ini sebelum Natal dan tahun baru sudah harus tersalurkan semuanya.

Sebelum barang ini di berikan kepada pelaku UMKM maka pihak Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa/Kelurahan setempat di beritahukan terlebih dahulu, begitu pula ketika pelaku UMKM ingin mengambil bantuan barang tersebut harus di dampingi dari pagawai/petugas dari Desa/Kelurahan setempat.

Kemungkinan untuk Program bantuan barang kepada pelaku UMKM & masyarakat Miskin Extrim  tahun 2023 Insya Allah akan ada lagi dengan jumlah yang hampir sama.

Demikian penyampaian Kabid. Pemberdayaan Usaha Mikro H. Agus Jaelani kepada Akhmad Fathoni di dampingi awak media.

(LN).