Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning Dipimpin Langsung Oleh Kombes Pol Jefri RP Siagian SIK MH

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning Dipimpin Langsung Oleh Kombes Pol Jefri RP Siagian SIK MH

Spread the love

 

Beritaimn.com. Pekanbaru – Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri RP Siagian SIK MH, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning yang berlangsung di Mapolresta Pekanbaru pada hari Senin, 4 September 2023. Operasi ini akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 17 September 2023, dan melibatkan 90 personil Polresta Pekanbaru. Senin (4/9/2023)

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan hari ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, antara lain Kadishub Kota Pekanbaru, Denpom 1/3 Kota Pekanbaru, Satpol PP Kota Pekanbaru, Dandim Kota Pekanbaru, dan Kepala Jasa Raharja Kota Pekanbaru. Kehadiran para pejabat ini menegaskan komitmen bersama untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas dan ketertiban di jalan raya Pekanbaru.

Dalam arahannya, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri RP Siagian, mengungkapkan tujuan dari Operasi Zebra Lancang Kuning ini. Ia menjelaskan bahwa terdapat tujuh prioritas pelanggaran yang akan menjadi fokus penegakan hukum selama operasi ini berlangsung.

Tujuh perioritas Pelanggaran tersebut antara lain, Penggunaan ponsel saat berkendara, Pengendara di bawah umur, Pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, Pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm standar (SNI), Pengendara bermotor roda empat yang tidak menggunakan safety belt, Pengendara dalam pengaruh alkohol, dan Pengendara atau pengemudi yang melawan arus dan melebihi batas kecepatan,” ungkap Kapolresta.

Kapolresta juga menekankan pentingnya pendekatan edukatif, preemtif, dan preventif selama pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2023.

Selain penegakan hukum, penindakan akan mencakup tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement – E-TLE) dan teguran langsung kepada pelanggar.

Pendekatan humanis dan mengedepankan kesadaran berlalu lintas menjadi hal yang sangat ditekankan oleh Kapolresta untuk menciptakan perubahan positif dalam perilaku berlalu lintas masyarakat.

Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 diharapkan dapat membawa dampak positif dalam meningkatkan keselamatan berlalu lintas, menekan angka kecelakaan, dan memastikan kedisiplinan dalam berlalu lintas di Kota Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru dan seluruh personil gabungan siap bekerja keras demi tercapainya tujuan ini selama dua pekan ke depan,” tandasnya.

(HeriXinamo)

Tinggalkan Balasan